In Embaran

Dunia sinema kehilangan seorang sutradara penting asal Belgia, Chantal Akerman. Ia telah pergi selamanya pada 5 Oktober lalu—kami sendiri belum tahu pasti tanggal berapa tepatnya Ia meninggal. Sejauh ini kami belum mendapatkan keterangan pasti apa penyebabnya. Demikian pula sang adik, Sylviane Akerman yang mengkonfirmasi kematian kakaknya, juga tidak menjelaskan penyebab kematian salah seorang pembuat filem eksperimental ini.  Namun dari pencarian kami di laman Google, menginformasikan bahwa ia telah dirawat di rumah sakit akhir-akhir ini karena guncangan emosional, and telah kembali dari rumah sakit beberapa hari yang lalu. Sebuah keterangan lain (Le Monde) menyebutkan bahwa Akerman mengalami bunuh diri (http://variety.com/2015/film/news/chantal-akerman-feminist-cinema-pioneer-dies-dead-1201611405/, di unduh pada 7 Oktober 2015).

Akerman sendiri baru saja menyelesaikan sebuah karya filmnya berjudul “No Home Movie”, yang sempat diputar di New York Film Festival. Film tersebut merupakan sebuah video esai tentang ibunya, Natalia, seorang korban dari kekejaman Auscwitz yang baru saja meninggal pada Oktober 2014. Beberapa keterangan juga penyebab kejatuhan emosinya juga dilatari oleh kematian sang ibu. Kepergian Akerman ini sebenarnya cukup mengagetkan banyak pihak karena sejumlah jadwal telah menunggu. Akerman telah dijadwalkan pada bulan depan akan tampil pada sesi tanya-jawab dan memberikan masterclass di London pada puncak retrospeksi dari karyanya, dan  di akhir Oktober ia direncanakan untuk sebuah eksebisi dari karya instalasi seni dan videonya.

Akerman merupakan seorang sutradara yang dibeberapa karyanya menekankan ruang-ruang interior dalam menghadirkan realitas filmis di dalam karyanya. Setiap karya-karyanya merupakan sebuah usaha untuk mempertanyakan pengertian dokumenter dan fiksi itu sendiri. Pada bulan Agustus lalu, Arkipel Festival sempat memutar karyanya berjudul “La-Bas/Down There” (2006), dimana karya tersebut adalah sebuah dekontruksi personal terhadap pandangan eksterior Tel-Aviv melalui penyingkapan interioritas Akerman. Karya-karya Akerman adalah bagian penting dalam perkembangan bahasa sinema dunia, dan mempengaruhi sutradara besar lainnya seperti Gus van Sant, Michael Haneke, dan lain sebagainya. Kini Akerman telah tiada, namun karya-karya nya akan tetap abadi mempengaruhi kultur bahasa sinema dunia, selamat jalan Akerman…

 


Bio data singkat Chantal Akerman

Chantal Akerman (1950-2015 ), sutradara berkebangsaan Belgia ini mengenyam pendidikan di sekolah filem INSAS, Belgia 1967-68, dan kemudian di Universite Internationale du Theatre, Paris 1968-69. Mengawali karya filemnya dengan 35mm berjudul Blow up My Town (1968). Filemnya Jeanne Dielman, 23 Commerce Quay, 1080 Brussels (1975), sebagai pandangan feminimnya dan menjadi karya yang cukup sukses. Akerman banyak eksplorasi waktu dan ruang sebagai identitas para tokohnya seperti pada filem News from Home (1976), maupun La-bas (2006).

 

 

 

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Start typing and press Enter to search